Interface
ANTARMUKA (INTERFACE)
Pengertian
antarmuka ( interface) adalah salah satu layanan yang disediakan sistem operasi
sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan sistem operasi. Antarmuka
adalah komponen sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna.
Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu Command Line Interface(CLI) dan Graphical
User Interface(GUI).
TUJUAN INTERFACE
Tujuan sebuah
interface adalah mengkomunikasikan fitur-fitur sistem yang tersedia agar user
mengerti dan dapat menggunakan sistem tersebut. Dalam hal ini penggunaan bahasa
amat efektif untuk membantu pengertian, karena bahasa merupakan alat tertua
(barangkali kedua tertua setelah gesture) yang dipakai orang untuk
berkomunikasi sehari-harinya. Praktis, semua pengguna komputer dan Internet
(kecuali mungkin anak kecil yang memakai komputer untuk belajar membaca) dapat
mengerti tulisan.
Meski pada umumnya panduan interface menyarankan
agar ikon tidak diberi tulisan supaya tetap mandiri dari bahasa, namun elemen
interface lain seperti teks pada tombol, caption window, atau teks-teks singkat
di sebelah kotak input dan tombol pilihan semua menggunakan bahasa. Tanpa
bahasa pun kadang ikon bisa tidak jelas maknanya, sebab tidak semua lambang
ikon bisa bersifat universal.
PERBANDINGAN INTERFACE
Command Line Interface(CLI)
CLI adalah tipe antarmuka dimana pengguna
berinteraksi dengan sistem operasi melalui text-terminal. Pengguna menjalankan
perintah dan program di sistem operasi tersebut dengan cara mengetikkan
baris-baris tertentu.
Meskipun konsepnya sama, tiap-tiap sistem
operasi memiliki nama atau istilah yang berbeda untuk CLI-nya. UNIX memberi
nama CLI-nya sebagai bash, ash, ksh, dan lain sebagainya. Microsoft Disk
Operating System (MS-DOS) memberi nama command.com atau Command Prompt.
Sedangkan pada Windows Vista, Microsoft menamakannya PowerShell. Pengguna Linux
mengenal CLI pada Linux sebagai terminal, sedangkan pada Apple namanya adalah
commandshell.
Graphical User Interface(GUI)
GUI adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh
pengguna untuk berinteraksi dengan sistem operasi melalui gambar-gambar grafik,
ikon, menu, dan menggunakan perangkat penunjuk ( pointing device) seperti mouse
atau track ball. Elemen-elemen utama dari GUI bisa diringkas dalam konsep WIMP
( window, icon, menu, pointing device).
TIPE TIPE INTERFACE
Interface merupakan salah satu bagian yang terpenting dari sistem.
Interface sendiri adalah sistem yang dirancang untuk mengolah input dan output
dari data. Seperti contohnya interface dibuat untuk pembentukan output laporan
yang dapat dipreview, diprint, export/import (excel, word, barcode, text
dll..).
Interface ada dua jenis, yaitu :
1.
Graphical User Interface (GUI) :
Menggunakan unsur-unsur multimedia (seperti gambar, suara, video) untuk berinteraksi
dengan pengguna.
2.
Text-Based : Menggunakan syntax/rumus
yang sudah ditentukan untuk memberikan perintah.
TIPE TIPE INTERAKSINYA
1.
Direct manipulation – pengoperasian secara langsung
Interaksi langsung
dengan objek pada layar. Misalnya delete file dengan memasukkannya ke trash.
Contoh: Video games. Kelebihan : Waktu
pembelajaran sangat singkat, feedback langsung diberikan pada tiap aksi
sehingga kesalahan terdeteksi dan diperbaiki dengan cepat. Kekurangan : Interface tipe ini rumit dan memerlukan
banyak fasilitas pada sistem komputer, cocok untuk penggambaran secara visual
untuk satu operasi atau objek.
2. Menu
selection – pilihan berbentuk menu
Memilih perintah
dari daftar yang disediakan. Misalnya saat click kanan dan memilih aksi yang
dikehendaki. Kelebihan : tidak perlu
ingat nama perintah. Pengetikan minimal. Kesalahan rendah. Kekurangan : Tidak
ada logika AND atau OR. Perlu ada struktur menu jika banyak pilihan. Menu
dianggap lambat oleh expert dibanding
command language.
3. Form
fill-in – pengisian form
Mengisi area-area
pada form. Contoh : Stock control. Kelebihan : Masukan data yang sederhana.
Mudah dipelajari Kekurangan : Memerlukan banyak tempat di layar. Harus
menyesuaikan dengan form manual dan kebiasaan.
4.
Command language – perintah tertulis
Menuliskan perintah
yang sudah ditentukan pada program. Contoh: operating system. Kelebihan :
Perintah diketikan langsung pada system. Misal UNIX, DOS command. Bisa
diterapkan pada terminal yang murah.Kombinasi perintah bisa dilakukan. Misal
copy file dan rename nama file. Kekurangan : Perintah harus dipelajari dan
diingat cara penggunaannya, tidak cocok untuk
biasa. Kesalahan pakai perintah sering terjadi. Perlu ada sistem
pemulihan kesalahan.Kemampuan mengetik perlu.
5.
Natural language – perintah dengan bahasa alami
Menggunakan bahasa
alami untuk mendapatkan hasil. Contoh: search engine di Internet. Kelebihan:
Perintah dalam bentuk bahasa alami, dengan kosa kata yang terbatas (singkat),
misalnya kata kunci yang kita tentukan untuk dicari oleh search engine. Ada
kebebasan menggunakan kata-kata. Kekurangan: Tidak semua sistem cocok gunakan
ini. Jika digunakan maka akan memerlukan banyak pengetikan.
Komentar
Posting Komentar